Artikel
Panduan Layanan Mandiri
Pemerintah Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem senantiasa mewujudukan visi dengan memantapkan kualitas pelayanan publik dengan tagline "RAPAT" yaitu Ramah Sepat dan Tepat. Melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi memberikan kemudahan kepada masyarakat Desa Bugbug yang ingin mengajukan permohonan surat dapat dilakukan secara online dimanapun menggunakan smartphone yang dimiliki asalkan terhubung dengan internet.
Masyarakat dapat membuat permohonan surat secara mandiri melalui Aplikasi Sistem Informasi Desa Bugbug berbasis Website di rumah atau di manapun, cukup dengan membuka Smartphone (Hp)/Laptop/Komputer yang sudah terkoneksi internet dan memilih layanan surat yang diinginkan (misal : Surat Keterangan Domisili, Surat Keterangan Usaha, dll) kemudian operator desa secara otomatis akan menerima notifikasi (pemberitahuan) untuk segera ditindaklanjuti.
Inovasi ini guna memaksimalkan pelayanan di kantor Perbekel Bugbug, jadi dihimbau kepada masyarakat yang telah menggunakan Smartphone (Hp)/Laptop/Komputer dan telah terkoneksi internet agar dapat memanfaatkan fitur tersebut untuk melakukan layanan surat secara mandiri di https://bugbug-karangasem.id
Bagi masyarakat Desa Bugbug yang belum mempunyai PIN sebagai Syarat login Layanan Mandiri Online Desa ini, dapat mengirimkan foto KTP Elektronik dan Kartu Keluarga ke Nomor WA xxx, selanjutnya anda akan dibuatkan Nomor PIN oleh operator desa, dan dikirimkan kembali kepada anda melalui Whastapp.
Setelah mendapatkan Nomor PIN, masyarakat Bugbug dapat menggunakan Layanan Surat Online Desa dengan cara sebagai berikut:
- Buka Smartphone (Hp) / Laptop / Komputer yang telah terhubung jaringan internet dan membuka Website Sistem Informasi Desa Bugbug https://bugbug-karangasem.id
- Setelah berada pada tampilan website, Cari Widget Layanan Mandiri, silahkan masukkan Nomor NIK dan PIN anda, lalu klik tombol Masuk
- Setelah masuk, silahkan anda klik tombol Permohonan Surat.
- Selanjutnya pilih Jenis Surat yang dimohon seperti (Pengantar/Keterangan, Keterangan Usaha, dll) dan isikan Keterangan Tambahan pada kotak dibawahnya.
- Isikan Nomor HP aktif pada kotak isian selanjutnya.
- Kemudian pada Bagian Dokumen Kelengkapan Penduduk Yang Dibutuhkan, sementara dilewati.
- Selanjutnya upload pada bagian Dokumen Kelengkapan Penduduk sesuai permintaan
- Kembali ke Cara Nomor 6, pilih file dokumen kelengkapan, kemudian klik Tombol ISI FORM
- Surat yang anda inginkan sudah terdata lengkap dengan Nama, Tanggal lahir, dan identitas lainnya secara otomatis, anda tinggal isi kotak Keperluan Surat. dan klik tombol Kirim.
- Maka Admin Web Sistem Informasi Desa Bugbug akan menerima notifikasi permohonan surat anda dan segera memprosesnya.
Dalam keadaan Admin melihat, meneliti dan memproses permohonan surat anda secara online ini, anda akan menerima notifikasi bahwa surat yang anda mohon sedang diproses, dan jika surat tersebut sudah dicetak, anda menerima notifikasi "surat anda sedang menunggu Tanda tangan Kepala Desa" Jika surat telah ditanda tangani Kades, anda akan menerima notifikasi " Surat Siap Diambil".
Dalam hal notifikasi "Surat Siap Diambil" anda dapat mewakilkannya kepada Perangkat Desa terdekat untuk mengambilkan dan mengantarnya ke rumah anda.